Mau Sehat dan Cerdas? Yuk Makan Ayam dan Telur

Mengambil momentum, berkarya melalui kosa kata dan mengabdi untuk bangsa.

Salam semangat untuk seluruh insan peternakan Indonesia.

Sebentar lagi akan diadakan agenda besar insan peternakan di seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia, yakni Hari Ayam dan Telur Nasional atau yang disingkat dengan HATN, yang lebih tepatnya akan di adakan tanggal 1 Oktober 2017 di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan 15 Oktober 2017 di Jakarta.

Kegiatan ini bukan hanya sekadar seremonial belaka, namun diharapkan ada impact terbaik yang dihasilkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia.

Kita mengetahui bahwa peran protein hewani sangat banyak manfaatnya di dalam tubuh setiap individu pada setiap fasenya, baik balita, remaja, bahkan dewasa hingga tua. Sehingga insan-insan peternakan harus mampu memberikan informasi yang mengena kepada masyarakat untuk lebih peduli menjaga kesehatan dengan mengonsumsi protein hewani di bandingkan mengonsumsi yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

094418_1.kebutuhanprotein
Produk pangan hewani, sumber protein (Sumber : food.detik.com)

Apa saja jenis protein hewani?. Jenis protein hewani yang sangat umum di masyarakat adalah Daging, Telur, dan Susu. Ketiga jenis protein hewani ini sangat disukai semua kalangan, namun sampai saat ini konsumsinya masih di katakan minim. Hal ini di karenakan kurangnya kepedulian masyarakat akan kesehatannya dan atau mungkin masih kurangnya informasi akan kandungan nutrisi pada setiap bahan pangan protein dari para stake holder di bidang peternakan. Namun, dari canggihnya teknologi saat ini, betapa mudahnya mencari informasi tersebut dan peran serta iklan dalam setiap stasiun televisi yang telah mengiklankan produk makanan yang mengandung tiga bahan pangan hewani ini, sudah sepatutnya masyarakat tahu.

Berdasarkan ketiga jenis bahan pangan di atas, jumlah konsumsi terbanyak jatuh pada daging dan telur. Namun, spesifik daging yang paling sering dikonsumsi masyarakat adalah daging ayam. Mengapa demikian?, karena daging ayam dan telur merupakan bahan pangan yang mudah untuk dijangkau seluruh masyarakat di Indonesia. Selain mudah didapat, harga kedua bahan pangan ini jauh lebih murah di bandingkan daging sapi dan susu.

Di dalam ilmu pemuliaan terdapat rumus performan yang mungkin sudah tidak asing di kalangan insan peternakan, yakni perpaduan antara genetik dan lingkungan. Proporsi kedua variabel ini memiliki persentase yang berbeda. Pada umumnya Genetik menyumbang 30 % dan Lingkungan menyumpangkan perannya sebesar 70 %.  Hal inilah yang menjadi acuan dalam pergerakan persentasi konsumsi protein hewani masyarakat. Jika lingkungan yang ditempati suatu golongan masyarakat sudah paham akan pentingnya protein hewani, maka dengan mudah pula pergerakan angka konsumsi berjalan ke atas, begitu pun sebaliknya.

Gerakan kongkrit untuk permasalahan masih sedikitnya jumlah konsumsi protein hewani, khususnya ayam dan telur adalah dengan diadakannya penyuluhan untuk memberikan informasi akan kandungan gizi yang sangat tinggi pada kedua jenis bahan pangan tersebut yang dapat mencerdaskan generasi bangsa. Seperti yang dilangsir pada situs Trouw Nutrition, yang menyatakan bahwa,

Eggs have been described by nutritionists as nature’s large vitamin pill – a mineral cocktail; they contain many of the essential vitamins and minerals required for a healthy diet. Packed full of goodness; from vitamin A, which is needed for the healthy development of the body’s cells, helping to maintain healthy skin and eye tissue, vitamin B12, which is necessary for the formation of red blood cells, important for the immune system to function properly, right through to choline, vital for nerves and muscles to function correctly.  Eggs really are a large vitamin pill, in 100% natural packaging”.

Para ahli gizi telah menjelaskan, bahwa telur diibaratkan seperti Pil besar yang mengandung Vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk diet sehat. Dikemas dengan penuh kebaikan, dari muali Vitamin A yang diperlukan untuk perkembangan sel-sel dal tubuh, membantu untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan menyehatkan jaringan mata, vitamin B12 yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah yang penting untuk sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik, sampai Kolin yang sangat penting untuk saraf dan otot agar berfungsi dengan benar. Telur benar-benar Pil besar yang mengandung vitamin dalam kemasan 100%  alami. (Trouw Nutrition)

Berdasarkan kutipan di atas, dapat kita simpulkan bahwa telur yang beratnya hanya 50-56 gram/ butir mempunyai keunggulan yang sangat banyak untuk membantu menyehatkan badan dan mencerdaskan otak. Yuk, kita gerakkan masyarakat di sekitar kita untuk selalu konsumsi telur sebagai sumber protein.

data telur
Harga telur (Sumber : http://infopangan.jakarta.go.id)

Banyak sumber yang menjelaskan betapa pentingnya mengonsumsi protein hewani khususnya ayam dan telur. Harga yang cukup murah di pasaran, sudah selayaknya tubuh kita sudah terpenuhi kebutuhannya. Berdasarkan gambar daftar harga di atas yang diambil dari info pangan Jakarta, harga telur di pasaran cukup ekonomis, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengonsumsi telur.

data ayam
Harga daging ayam (Sumber : http://infopangan.jakarta.go.id)

Begitu pun dengan harga daging ayam. Terlihat dari gambar daftar harga yang ditampilkan website info pangan Jakarta terlihat stabil. Sehingga tidak dapat dipungkiri masyarakat Indonesia masih bisa mengonsumsi protein hewani dari daging ayam dengan mudah.

Namun, masih banyak paradigma-paradigma salah yang masih beredar di tatanan masyarakat kita, seperti akibat kebanyakan makan telur menyebabkan tumbuh bisul, ayam yang disuntik dengan antibiotik, padahal itu hanya terjadi pada orang-orang yang memang mengalami alergi makan telur saja dan tata cara pemeliharaan ayam sudah mulai meninggalkan hal demikian. Sejatinya di dalam telur terdapat kandungan asam amino yang baik untuk pertahanan tubuh. Sehingga peran kitalah sebagai insan peternakan meluruskan isu-isu negatif yang justru malah membuat masyarakat takut mengonsumsi protein hewani.

Mari sampaikan pesan ini ke tetangga kamu ya. “Mau Sehat dan Cerdas?, Yuk, makan Ayam dan Telur!!”

Terima kasih

Salam,Hari Ayam dan Telur Nasional

Sri Maulidini

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: