Hei, buat kamu mahasiswa baru. Jangan takut merantau!!

Selamat datang di kampus tercinta. Selamat belajar di kampus pilihan mu. Semoga pilihan mu menjadi langkah menuju masa depan mu yang lebih baik.

Kuliah, tempat baru, universitas yang jauh dari rumah membuat kamu mau ga’ mau kudu melanglang buana.

Kali ini saya kan memanaskan semangat kalian dalam menimba ilmu dengan jargon, “Merantau, siapa takut!!”.

Jangan pernah takut melangkah keluar. Dunia luar tak seseuram yang kamu bayangkan. Memang, di luar sana kamu bisa melihat apa saja, namun kamu tak perlu melakukan atau menuruti apa yang kamu lihat. Kenapa?, karena apa yang kamu lihat belum tentu baik untuk kamu lakukan. Setujulah yaaa…

Lanjut yaa..

“Apasih enaknya merantau?”.

“Jauh dari keluarga kan ga’ enak mbak, mas…”

“Sedih.. Gak ada yang masakin”

Helooooo.. kamu kira keluarga sebagai ‘tukang masak’??. Astaghfirullah, jauhkan dari fikiran mu tentang itu ya anak muda..

STOP deh mikir seperti itu. Saatnya kamu menjadi mandiri.

Sedih, tentu sedih. Namun, fase ini adalah fase dimana kamu dituntut untuk lebih mandiri dan ga’ cengeng. Asal kamu bisa beradaptasi, berteman dengan orang yang tepat, pasti akan merasakan nikmatnya merantau. Ya, seperti saya ini. hehehe 🙂

Nah, ditulisan ini saya membagikan beberapa tips agar kamu kerasan di tanah rantau.

  1. Niatkan merantau untuk menimba ilmu, keluarga di rumah dan perubahan kamu. Percayalah, saat niat ini sudah kamu tanamkan dalam hati, kamu akan merasa ada tanggung jawab yang harus selalu kamu tampilkan dengan baik buat mereka yang kamu cintai. Kamu akan fokus dengan target-target untuk membuat mereka bangga akan diri kamu yang sudah tak seperti masa putih abu-abu dulu.
  2. Pelajari lingkungan sekitar mu yaa. Kenapa?, karena lingkungan dapat mempengaruhi 60-70% diri mu. Pilihlah lingkungan yang baik, karena lingkungan yang baik dapat mencerminkan orang-orang di dalamnya. Masih ingat rumus performan? P = G + L  dimana G adalah dirimu yang dibawa dari rumah dan L adalah lingkungan mu yang baru. Kedua variabel ini memiliki persentase yang berbeda, dari keduanya Lingkungan yang memiliki angka yang terbesar dibandingkan genetik.
  3. Aktif berorganisasi.  Aktiflah di kampus maupun di luar kampus. Ikuti organisasi atau UKM-UKM yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Nilai tambah dari orang-orang yang aktif di organisasi, selain ilmunya nambah, relasinya juga makin nambah loh..
  4. Kurangi sifat egois. Yapss.. kurangi sifat egois, kekanak-kanakan yang kamu bawa dari rumah mu ya. Egois adalah salah satu sifat yang tidak disukai orang lain dan tentunya itu tidak baik buat kamu dan mungkin bisa menyakiti hati orang lain . Sifat ke kanak-kanakan pun demikian. Sifat egois dan kekanak-kanakan dapat memicu hal yang tidak kamu inginkan, seperti penerimaan orang lain terhadap kamu.
  5. Jangan pelit senyum. Nah, tentunya kamu tau dong kalau ‘SENYUM ITU IBADAH’. Selain disebut sebagai salah satu ibadah, senyum juga dapat membahagiakan hati kamu dan orang lain. Percaya gak, kalau senyum dapat menambah teman?. Coba deh, tapi kamu jangan sampai senyam-senyum sendiri yaa. hehehe 🙂
  6. Usahakan menjadi pribadi yang fleksibel. Pribadi yang fleksibel rata-rata sangat disukai dalam hal pertemanan dari pada orang yang gak punya waktu untuk hal apapun. Namun, karena kamu dituntut untuk kuliah dan menempuh pendidikan dengan tepat waktu, kamu harus pinter-pinter membagi waktu. Jangan saking fleksibelnya, kamu malah mengabaikan kewajiban kamu.

Jika kamu tidak ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja, maka MERANTAULAH 

Salah satu persoalan berat yang dihadapi bangsa ini dalam menghadapi perubahan adalah rendahnya kemampuan kita untuk keluar dari zona nyaman (comfort zone)

Nah.. sekarang, keluarlah dari zona nyaman mu dan mulailah mandiri serta jangan pernah takut untuk merantau. Berdoalah selalu untuk kedua orang tua yang kau tinggalkan. Harumkan nama mereka diperantauan dan selalu jaga komunikasi kepada kedua orang tua dan orang-orang yang kamu sayangi.

 

Salam hangat

Sri Maulidini (Perantau dari Sumatera Utara)

Iklan

4 respons untuk ‘Hei, buat kamu mahasiswa baru. Jangan takut merantau!!

Add yours

  1. Apa aku doang yg malah justru seneng banget pas hrs merantau :p. Smu kls 3 pertamakali aku hrs merantau ke medan, setelah sblmnya 18 thn di aceh. Trs lanjut kuliah di malaysia, dan kmudian kerja di jakarta :D. Orangtua setelah pensiun justru balik ke kota asal medan. Merantau itu asyik lagi. Dan pada dasarnya aku suka banget jalan2, jd buatku, bisa melihat tempat baru, jauh dari orangtua malah bikin happy 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: